Kamis, 08 Maret 2018

[REVIEW SKIN CARE] ENVYGREEN SKIN CARE AND PRODUCTS

haloo, udah lama banget nggak mampir blog ya *sapu sapu in blog*
padahal berniat nge blog per minggu. update apa aja. ya skin care lah, ya trip lah, ya galau lah (LHA?)

Oke, jadi gini, kali ini aku mau updat lagi tentang Review Skin Care. jadi beberapa hari ke belakang, kegiatan di Pondok lagi Masya Allah padetnya. nggak ukur wes :D terakhir facial kalo nggak salah bulan november apa desember gitu. tahun lalu loh, TAHUN LALU *halah lebay* nggak facial juga nggak mati kok. iya emang nggak mati sih. tapi jerawat dan komedo ini kalo nggak di ambili bisa numpuk di wajah. udah nggak pernah facial kan ya, produk skin care dari dokter juga abis. Ya Allah cobaan macem apa lagi ini. padahal klinik sama rumah jaraknya kayak Pacara Lima langkah. tapi buat ke klinik malesnya minta ampun. nggak pede juga sama wajah yang lagi jerawatan nggak aturan. belum lagi wajah kusem nggak pernah di peel juga belang karena banyak kegiatan outdoor juga. akhirnyalah aku stuck nggak tau harus di apain lagi wajah ini. 

singkat cerita setelah kemudian aku malem malem lagi pake mask sheet sambil dengerin lagu PeterPan nya EXO, aku stalking IG kak Gita Savitri dan taulah ada skin care namanya ENVYGREEN. skin care yang aman, dari bahan alami, membantu melepas sedikit demi sedikit dari krim dokter, ownernya juga seorang apoteker aseli Indonesia. kalo nggak salah dari Bandung. yaudahlah, ku coba untuk membaca review, liat liat produknya daaaaannnnn.... dia punya apa yang sedang aku cari. yaitu Produk untuk Kulit Berminyak dan berjerawat. bisa konsul pula dengan via Line atau Whatsapp. cara? kan ga ketemu. eleeeh, ini loh taun milenial, ga harus ketemu untuk tau kondisi kulit. kamu cukup jawab jawab pertanyaan mbaknya aja, dengan jujur ya. jawab dengan jujur. gausah di manipulasi. karena di boongin rasanya nggak enak :D terus kamu foto kondisi kulit wajah kamu yang sekarang. gausah di edit. di mulusin, di putihin gitu. gausaaah. apa adanya aja. yang jerawatan ya keliatin jerawatnya, yang minyakan ya keliatin aja gausah di apus apus dlu. yang bekas jerawatan ya keliatin aja bekasnya, gausah di filter filter atau apalah. kenapa begitu? agar si embak bisa menentukan skin care jenis yang seperti apa yang pas buat kulit kamu. gitu. jadi yaudah lah, setelah perbincangan yang cukup panjang, lha ya gimana yah kan kita masih baru mau coba skin care baru ya. takut nggak cocok atau nggak sesuai sama muka ku yang sensitif kulitnya mana cuma via chat aja konsulnya kan ya lumrah kalo aku agak insecure di awal. tapi setelah lebih banyak membaca review dan testimoni, aku beranikan buat beli trial set nya. cuma Facial Foam, Face Toner dan Acne Solution nya aja. dan setelah 2 minggu pemakaian, jerawatku mengempes sedikit demi sedikit *YEAAAAYYYY UWUUUUWWWWW*

Karena ketagihan make produk dia, akhirnya aku putuskan untuk membeli full size nya, kala itu yang di sarankan untuk ku beli adalah Facial Cleanser Papaya, Acne Facial Foam, Acne Facial Toner, Skin Balancing, Oil Free Sun Defence, Acne Solution dan Kefir Milky Charcoal. lalu aku nambah sendiri beli bedak taburnya yaitu Natural Acne Powder. semua produknya Acne Series banget yaaa. karena sungguhlah jerawatku membabi buta kala itu. oke akan aku jelaskan satu persatu dan sekalian aku urutkan sesuai dengan step pemakaiannya ya

1. Facial Cleanser Papaya 30 g (Rp. 14.000,-)
source pict from envygreen web

ini seperti pembersih muka dari ekstrak papaya. entah ada kandungan susu nya atau nggak ya. tapi kalo aku, aku ini bener bener nggak bisa kena pembersih yang dari susu. dulu, aku pernah pakai punya wardah. karena wanginya enak banget. eh ladalah malah beruntusan yang kemudian jadi jerawat. lalu aku pindah pakai punya clarice itu aku aman banget dan enakan di muka ku. nah, waktu cobain yang ini, sebenrnya agak serem juga. tapi stelah ku coba, ternyata emang enak di wajah. jadi bener bener membersihkan wajah. aroma ekstrak papaya nya juga enak kok. ga kayak bau buah papaya yang biasa kita makan haha *ya kaliiik*. 
cara pakainya, ini ala aku ya, aku tuang ke telapak tangan secukupnya aja. lalu aku colekin ke 5 titik wajah (dahi, kedua pipi, hidung dan dagu) lalu sisa yang ada di tangan aku gosok gosok ke kedua telapak tangan sampe berasa agak anget, lalu aku pijitin pelan ke wajah sampe rata. ke sela sela hidung, ke pipi, ke dahi. karena aku nggak pernah pakai make up tebel ya sehari hari, jadi aku usapin ke wajah sewajarnya aja. nggak terlalu ku gosok. pun kulitku juga termasuk sensitif kan, jadi yaaa, makenya asal ngebersihin aja. nggak terlalu yang giman gimana. setelah berasa rata aku bersihin wajahku dengan tissue kering. dan lanjut ke step selanjutnya

2. Acne Care Facial Foam  (Rp16.000,- 30 gr) (Rp 42.000,- 100 gr)

pic source from envygreen web

 nah ini adalah Acne Care Facial foam nya. ada trial size nya 30 g sangat membantu kamu yang mau coba coba dlu, atau kalian yang suka travelling kayak aku, size ini sangat membantu. ya walaupun yang full size juga masih bisa banget masuk ke kabin sih (FYI ya, kabin pesaawat nggak memperbolehkan ada cairan apapun lebih dari 100ml) dan trial size ini sangat amat membantu traveller karena sangat menghemat tempat. 
oke, jadi setelah memakai facial cleanser, aku cuci muka menggunakan facial foam ini. wanginya biasa aja sih. kayak sabun sabun wajah biasa. busa nya juga nggak terlalu melimpah ruah dan setelah kamu bilas wajah. nggak bikin wajah ketat. malah jadi lebih seger aja rasanya. setelah pakai Facial Foam langsung ke Step Selanjutnya 

3. Kefir Milky Charcoal 120 gr (Rp. 120.000,-)

pic source from envygreen web

 jadi sebenernya setelah pake facial foam itu bisa dua macem sih langkahnya. kalo buat pagi hari aku setelah pakai facial foam lgsg pakai toner. karena nggak mungkin kan aku maskeran pagi pagi :D mus=ngkin aja sih sebenernya, tapi aku lebih suka maskeran di malam hari. karena enak aja gitu, waktunya lebih panjang, nggak gupuh mau beraktivitas dan bisa sambil nonton drama korea. jadi, kalau malam setelah cuci muka dengan facial foam acne series tadi, aku pakein masker ini. di dalam cepukan nya (((cepukan))) itu uda di bungkusin satu satu gitu. sebungkus isinya lumayan banyak menurutku. itu ukuran wajahku yang lebar ya menurutku aja masih banyak isinya. make setengahnya bisa kalik. kalo mau hemat. tapi karen aaku suka make masker yang neplok gitu, jadi ya aku semuain aja haha. 
aromanya agak aneh ya. kalo kalian baca ingridients dia, emang ada fermentasi beras hitam. semacam ada tape nya gitu. pantes baunya agak asem :D maskernya kalo baru di olesin warnanya abu-abu, tapi kalo udah mulai kering warnanya jadi item. dan enaknya dia, dia bukan masker yang kemudia kalo di pake bisa narik wajah banget berasanya jadi kalo di pake senyum atau gerakin bibir dikit langsung pecah gitu. sama sekali enggak. ini masih fleksibel di wajah. nggak ketat sama sekali. stelah kering aku biasanya bilas pake air biasa aja sih. kalo pas ga males baru pakai air panas. karena di rumahku nggak ada air panas otomatis kan ya. jadi kalo mau make air panas ya manasin dlu di heater. di situ saya merasa malas :D *jangan di tiru ya, sifat pemalas ini nih yang bikin jerawat ga sembuh sembuh*
bener bener harus di bilas sampe bersih ya. kalo nggak bersih nanti malah bikin wajah jerawatan loh. setelah di bilas, sensasi yang di berika setelah pemakaian masker ini juga nggak yang ketat banget di wajah. malah kenyal banget di wajah. jadi aku makin happy pakai produk ini. setelah membilas wajah sampai bersih, barulah aku keringkan wajahku dengan tissue kering. aku pakai masker ini seminggu 2-3x aja. jangan terlalu sering. emang masker selain punya khasiat tertentu berdasarkan ingridients nya, entah menyembuhkan jerawat atau memudarkan bekas jerawat atau memutihkan atau apaa, dia tetaplah masker yang fungsi aslinya adalah mengangkat sel kulit mati. kalau kulit terlalu sering dimaskerin, wajah kita nggak malah bersih, bisa bisa malah jdi iritasi karena kulit baru mau numbuhin sel kulit baru, uda di maskerin lagi, kan kasian dia. di angkat sebelum waktunya. sedih kan? jadi makenya seminggu 2 kali aja. kalo kalian hari harinya pake make up berta kayak foudation, BB cream tiap hari, belum lagi kegiatan luar ruangan yang terpapar sinar matahari kena polusi asep kendaraan dan lain lain, mungkin pakailah seminggu 3 kali. dan step selanjutnya adalaaaahh

4. Acne Series Face Toner ( Rp 16.000,- 30 gr) (Rp 42.000,- 100 gr)
 pic source from envygreen web

step selanjutnya jelas pakai toner. dan lagi, toner ini mengeluarkan produk trial size nya. jadi sngat membantu kalian yang baru mau coba ataupun kalian yang suka traveling. seperti toner pada umumnya dia di gunakan setelah facial foam atau setelah pakai masket. toner itu fungsinya untuk mengembalikan pH kulit wajah kita yang sebelumnya pH nya berubah setelah kita pakai sabun atau masket. si toner ini yang bertugas menetralkan kembali. aromanya standar sih, nggak wangi banget, tapi di bilang nggaka da aromanya juga nggak. karena ini memang acne care series ya, jadi dia emang nggak meninggalkan bekas keling keling di wajah. setelah pake ini seger aja gitu rasanya. cara pakainya aku tuang secukupnya ke kapas bersih. terus aku oleskan ke seluruh wajah. sekedar di oles aja, atau di usap aja jangan dan gausah di gosok. apalagi kalau kalian kulitnya sensitif. nanti malah perih perih malah jadi iritasi kan. cukup di usapkan aja ke arah melawan gravitasi. aku lupa baca dimana, kalo kalian lagi pakai toner atau apa itu yang mengusapkan ke wajah, jangan di usap searah gravitasi, nanti kulitnya kendor. jadi melawan gravitasi aja. biat kulit wajahnya tetep kenceng. gituu. masuk ke step selanjutnya, yaitu...

5. Skin Balancing 50 gr ( Rp 43.000,-)

pic source from envygreen web
  jadi, skin balancing ini fungsinya apa sih? dia ini berfungsi mengontrol minyak di wajah kita. bener bener bisa mengkontrol banget si mungil ini. aku jatuh tjinta parah sama produk ini. bahkan saking cintanya, sesungguhnya produk ini kan di pakai di malam hari aja kan ya, tapi aku pakai dia pagi dan malam. karena dia emang segitu hebatnya ngontrol minyak di wajah. dia punya ingridients yang nggak tau apa itu, jadi di dalamnya kalo kalian biarin aja kan, maksudnya nggak di kocok, dia ada endapannya. kalian masih inget tulisanku tentag tonernya The Body Shop yang Tea Tree kan, nah semacam itu. dan jatuhnya di wajah itu mattifying banget, nget, nget. jadi nggak keling keling seharian. T.O.P B.G.T pokoknya produk ini. 
sebenrnya ini juga trial size nya, ada yang full size nya 100ml, tapi aku ga ambil yang itu. aku selalu ambil yang ini karena yang 10ml itu ke banyakan, jadi abisnya selalu lebih lama daripada yang toner dan foam nya. nanti ordernya bingung dong hahaha. jadi aku cukup beli yang size ini aja. dan katanya sih, ini juga bisa di pakai sebagai pengganti Foundation atau BB Cream kalian. cuman daku ga paham gimana makenya kalo dipakai sebagai foundie atau BBC. 
cara pakainya gampang sih, kayak pake toner aja gitu, cuman sebelum di tuang ke kapas, kalian kocok dlu yang sampe semua endapannya larut. setelah itu tuang ke kapas secukupnya, lalu usap merata ke seluruh wajah. 

6. Acne Solution 20 gr (Rp 43.000,-)
pic source from envy green web
 nah ini, si gesit irit. Acne Solution ini bener bener penolong buat kalian yang punya jerawat beruntus atau jerawat meradang. malamnya di totol, paginya jerawat udah kempes. sekeren itu? iya! sama seperti Tea Tree Oil nya The Body Shop, ini juga se hebat itu tapi jauh lebih murah daripada tea tree oil hahah. beda tea tree oil beda juga si Acne Solution ini. kalo TTO kan warnya bening yah, kayak oil gitu emang kan. tapi kalo ini warnanya malah putih. jadi aku saranin ini di pakai di malam hari. ya kaliiik, pagi pagi kalian kerja atau sekolah, wajah kalian belentong belentong putih. ya gapapa sih kalo emang kalian PD. aku juga kalo pas ga kemana mana, ga ngajar gitu, aku pakai ini di pagi hari kok. karena dia seee hebat itu. se cepet itu mengeringkan jerawat, dan se cepet itu ngempesin jerawat. 
cara pakainya gampang banget. tinggak di kocok, lalu di totol aja secukupnya ke bagian wajah kalain yang lagi jerawatan. malam totol, paginya kempes. buktikan sendiri deh

7. Oil Free Sun Defence (Rp 41.000,- 5gr) ( Rp 82.000,- 10 gr)


pic source envygreen web

nah, kalo versi paginya, setelah pemakaian skin balancing, aku pakai skin defence ini. OIl Free Skin Sefence. ini sun protect nya atau sun screen nya. inipenting banget ya di pakai di pagi hari. walaupuuun, kerja kita, atau kegiatan atau aktivitas kita banyak yang indoor, tapi selain melindungi dari sinar matahari yang terik banget, dia juga bisa melindungi kita dari sinar UV. kalo sinar matahari kan kita kena nya kalo di luar kan ya, kalo sinar UV itu dia bisa masuk ke ruangan juga. walaupun ruangan kamu ber AC misalnya. skin defence ini penting banget pokoknya. dia juga ada trial size nya. jadi handy banget di bawa kemana mana.
pakenya gampang lah. sama seperti pakai krim wajah apapun. cukup di oleskan ke 5 titik wajah, dahi, hidung, kedua pipi dan dagu, lalu usap halus sambil aku tepuk tepuk ringan biasanya biasanya biar lebih meresap. 

8. Natural Acne Powder 20 gr (Rp 60.000,-)
pic source from envygreen web
 nah ini pemungkas dari semua step pagi ya. karena malem ga mungkin bedakan juga. mo kemaneee emang, neeeng :Dini bedak tabur, warnanya kuning langsat cocok untuk kulit eksotis indonesia haha. di aku yang kulitnya gelap, ini nggak terlalu terang. dan temenku yang kulitnya putih, pernah pakai ini juga aman. nggak ke putih an kayak pocong. bergantung aja kalian mau pakai tebal atau tipis. aku sih karena emang dasarnya ga hobi make up make up yaa, jadi make nya tipis aja. asal nggak keliatan kulu kulu kalo kata orang jawa mah :D
ini bedak ringan banget di wajah. nggak berat sama sekali. wanginya juga enak. nggak nyengat di hidung sama seklai. warnanya juga bagus di kulitku. fiks aku pakai bedak ini aja. size nya cuma ada ini aja. ga ada trial size nya. tapi ini uda cukup pas kok. nggak terlalu besar juga dan aman di bawa kemana mana. tutup nya rapet jadi nggak akan tumpah tumpah. tapiiiii yang aku nggak suka adalah spons bedaknya. nggak lembut gitu, jadi di pakai di kulit wajahku yang sensitif kurang nyaman. tapi kecil lah itu, udah ku ganti dengan spons bedak punya Nature Republic pas ke Korea kemaren. *duh jadi kangen korea*

jadiiii, itu lah review tentang skin care ini man teman. aku biasanya pesen langsung di web nya. caranya gampang kok. panduannya sangat jelas. kalo kalian masih ragu, follow aja ig nya @envygreencosmetics di story nya selalu kasih titorial pesen lewat web. kalo konsul aku add line dia. di situ mbak mnya sabar banget jawab jawab pertanyaan kalian, walaupun yaaa hari harinya itu ribuan chat yang masuk, tenang aja, pasti di bales kok. asal jangan re-chat aja. nggak akan ke bales kalo kayak gitu. karena chat kamu naik naik terus. sedangkan dia bales chatnya dari yang paling bawah hahaha

dan lagi, aku bukan beauty blogger, beauty enthuciast atau apa kan, aku cuma bantu review berdasarkan pengalamnku aja. jadi cocok di aku belum tentu cocok di kamu. bagus di aku belum tentu bagus di kamu. semua yang aku tulis itu sesuai dengan step yang aku lakuin selama ini. kalo ada yang nggak sama dengan step yang kalian lakuin biasanya, jangan di protes yah. ya gimana dong, itu kan sesuai dengan pengalamanku aja. tapi kalo mau kasih masukan boleh banget. terimakasih

salam hangat
song hye kyo
KW
kw berapa aja, sesuka kalian :D





 

26 komentar:

  1. Hallo kak senang sekali liat review ini. Kulit aku juga berminyak dan berjerawat, waktu konsul juga disuruh beli semua produk acne series nya sama kyk kakak 😁.
    Jadi kalau udah pakai sunscreen dari envy ini gausah pakai sunscreen dari produk yg lagi aku pakai ya? Hihi monmaap tanyaπŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, salam kenal
      ku jawab sebisa dan setauku aja ya kak. karena akupun bukan pakarnya hihi
      kalo aku sih, untuk sunscreen cukup satu layer aja kak. terserah kakak, mau pakai punya envygreen atau yg uda biasa kakak pakai. kalo yang biasa kakak pakai sudah di rasa cocok, dan tidak ada efek buruk, lanjut saja. kalau mau coba coba product sunscreenya envygreen silahkan :)

      semoga bermanfaat dan membantu

      Hapus
  2. Kak boleh kasih tau ITU ingredient nya apa aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak, salam kenal
      coba di buka aja mbak di web resminya envygreen ya di http://envygreen.co.id/

      semoga bermanfaat

      Hapus
  3. Mba kalo pake skin balancer nya pas siang2, itu sesudah atau sebelum sun defence?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak, salam kenal
      kalo aku sih makenya sebelum sun defence kak

      Hapus
  4. selamat pagi kak, kalo gak beli sepaket gimana yak ? saya butuh krim siang sama malem aja. sama sih pas dulu konsul juga harus beli sepaket cuma saya udh punya toner sama facial wash yang udh cocok. dan kalo mau beli krim siang sama malem mending yang mana ? hehehe makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore dari sini, heheh
      salam kenal ya
      silahkan kalo mau beli krim pagi atau krim malamnya atau paket krimnya aja. silahkan langsung pesen lewat webnya aja cepet hehehe.
      kalo menurutku sih beli sunblocknya dulu, kalo cocok beli krim pagi nya, baru krim malamnya. tapi setauku untuk yang acne series nggak ada krim malam krim pagi nya sih. dia hanya ada sunblock oil free sama pelembab yg oil free. kalau masih ragu konsul aja di nomer yang sudah di sediakan.

      semoga bisa membantu

      Hapus
  5. Wah... Q hari ini baru order paket Acne awal... Wkwkwkw... Semoga cocok deh.. Terimakasih utk informasinya kak πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, salam kenal
      iya sama sama
      semoga informasinya bermanfaat :)

      Hapus
  6. Baru mau coba nih . Produk envygreen karna dah ngga tahan sama bruntusan ..semoga cocok ... aminnn

    BalasHapus
  7. mba untuk yg trial itu habisnya brp hari ya mba? baru mau coba nih mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. seminggu an mbak
      karena emang bner bner super minin ukurannya

      Hapus
    2. Kalau seminggu blm keliatan hasilny donk ya

      Hapus
    3. emm di aku sih belum keliatan banget. cuman jerawat mulai mengering dan gak ada jerawat baru aja sih

      Hapus
  8. Ka selama pake envygreen cocok2 aja atau sebaliknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak, salam kenal
      Alhamdulillah cocok - cocok aja kok kak :)

      Hapus
  9. Mba mau tanya kalau skin bacancer pemakaiannya boleh dibarengin sama produk lain ga ya? Misalnya krim dr dokter ?
    Trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak salam kenal. silahkan. cuman aku ga berani saranin yang gimana gimana. karena kalo bareng sama produk lain, misal nih ada ga cocoknya, kita ga bisa identify, yang bikin ga cocok itu produk yang mana. gitu kak :)

      Hapus
  10. ka mau tanya kalo envygreen ini bikin ketergantungan gak ya sama kulit? takutnya pas mau lepas eh muka balik lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sudah nggak pakai envygreen mbak. karena kulitku uda nggak jerawatan lagi. dan pas aku lepas envygreennya, aman kok. baik baik saja :)

      Hapus
  11. Hai mbak aku baru aja order yg trial acne pack + facial cleanser papaya + skin balancing lotion
    Aku udah 5th make produk n*t*sh* trus Mei 2018 kemaren bener2 breakout di leher semua merah2 sampe harus ke dokter kulit yg mahal hampir 2 bulan kontrol :( sedih banget waktu itu. Di muka sih gak seberapa parah ya tapi di leher itu ngeri:(
    Tapi alhamdulilah trus bulan Agustus kulitku menbaik

    Awalnya aku make wardah yg acne series tapi gak ada perubahan apa2. Akhirnya aku cuma make masker spirulina dan nature republic aja
    Kalo jerawatan masih make shake lotion dari dokter kulit sih dan emang ampuh
    Sama diselang seling make masker organik

    Cuman aku ngerasa kulitku masih sering jerawatan banget kak :(
    Tiap bulan pasti jerawatan dan jerawatnya itu gak sante bgt :( keroyokan gede merah gitu apalagi dipinggiran pipi kanan kiri :( mungkin efek lembab kerudung juga bisa
    Makanya aku galau mau make apa, soalnya ga pernah lepas dari krim dokter.

    Sampe akhirnya aku inget pernah dikasih tau temenku tentang envy green ini yg katanya bebas hydroquinone & paraben. Awalnya masih penasaran tapi liat review dan Suhay Salim bilang bagus sunscreennya jadi kepingin.

    Doain semoga cocok ya kak soalnya baru mau coba make krim lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak salam kenal. maaf baru balas komennya. terimakasih sudah baca blog ku
      semoga cocok. semoga semuaaa jerawat dan masalah kulit mbak dan siapapun yang baca ini segera membaik tanpa satu halangan apapun
      sebenernya, sebelum kita ambil jalan perawatan dokter, perawatan kulit wajah itu yang pertama adalah mengenali dulu kulit kita. baik dari jenis kulit, kemudia ke sensitifitas kan kulit misal ada alergi makanan atau apa, kemudian hormonal dan tingkat stress
      makin stress kita terhadap jerawat atau masalah kulit apapun yg ada pada wajah kita, makin bersemilah jerawat pada wajah
      selloww aja mbak. kita rawat sebisa kita, kita rawat semampu kita, tapi jangan sampe stress. sebenernya jerawat itu adalah salah satu sign dr tubuh. entah pola makan kita yang salah, pola hidup atau menandakan sesuatu dari dalam tubuh yang kita tidak bisa lihat atau rasakan. semoga bermanfaat :)

      Hapus
  12. Hallo ka..boleh minta tlg fotoin ingredients dari tiap produk acne nya..masih ada asam salisilat nya ga sih produk jerawatnya..soalnya aku lagi hamil..dia klaim aman sih buat bumil tapi masih suka takut kalau ada asam salisilat nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, salam kenal kak
      coba cek di web nya aja kak. insya allah pasti ada penjelasannya kok beserta inridientsnya

      Hapus

[SKINCARE REVIEW] Skincare Clarice Clinic to the Rescue

Hai semuuaaaa   Assalamualaikum   Eh kebalik ya, harusnya salam dlu   Assalamualaikum   Hai semuaaaa   Gini harusnya S...